Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Competitive Benchmarking dan Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus pada Rumah Sakit Islam Klaten dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta)
Abstract
Rumah Sakit Islam Klaten merupakan institusi yang bergerak di bidang pelayanan
kesehatan. Tantangan utama yang dihadapi rumah sakit saat ini adalah bagaimana
membangun dan mempertahankan usaha pelayanan yang baik. Untuk menjawab
tantangan tersebut maka pihak rumah sakit perlu melakukan peningkatan kinerja
perusahaan yang tepat dengan menjalankan strategi yang membawa keunggulan
kompetitif. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi
setiap perusahaan, termasuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Selain digunakan
untuk menilai keberhasilan perusahaan, pengukuran kinerja juga bisa digunakan sebagai
dasar membuat perencanaan perusahaan dimasa yang akan datang. Benchmarking pada
saat ini digunakan sebagai suatu alat peningkatan kinerja perusahaan. Benchmarking
adalah sebuah proses atau aktivitas dalam pencarian "gap" dan enabler sebuah perusahaan
dengan perusahaan lain yang lebih baik dan harus diikuti usaha peningkatan mutu.
Competitive Benchmarking atau patok duga guna mengukur dan membandingkannya
dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah sebagai pesaing yang paling unggul. Selain
itu juga menggunakan metode Analytical Hierarchy Process sebagai alat bantu system
pendukung keputusan untuk penyelesaian problem keputusan multikriteria. Hasil
penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa aplikasi dan Competitive Benchmarking
dan Analytical Hierarchy Process dapat memperkecil "gap" kinerja antara Rumah Sakit
Islam Klaten dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah walaupun hanya sampai pada
tahap "parity goal". Dengan demikian maka perbaikan untuk peningkatan kinerja secara
kontinyu suatu perusahaan dapat dilakukan dengan memperbaiki critical success Factor's
(CSF's).
Collections
- Industrial Engineering [2224]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PELAYANAN PASIEN RUMAH SAKIT BPJS DAN NON BPJS DALAM PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA (Studi pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Rumah Sakit Jogja)
DHILA KARTIKA RATRI, 15410377 (Universitas Islam Indonesia, 2019-10-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pemenuhan hak-hak pasien rumah sakit dalam pelayanan rumah sakit dan untuk mengetahui pelayanan pasien rumah sakit BPJS dan Non BPJS dalam perspektif Hak Asasi Manusia. ... -
Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Competitive Benchmarking dan Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus pada Rumah Sakit Islam Klaten dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta)
Talha Husen, 02522256 (Universitas Islam Indonesia, 2007)Rumah Sakit Islam Klaten merupakan institusi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan. Tantangan utama yang dihadapi rumah sakit saat ini adalah bagaimana membangun dan mempertahankan usaha pelayanan yang baik. Untuk ... -
Pertanggungjawaban Pidana Rumah Sakit Dan Dokter Atas Meninggalnya Pasien Yang Ditelantarkan Rumah Sakit
Teddy Irawan Saputra, 14410604 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-17)Setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhannya, lah ini dapat dilihat dalam Pasal 28 H ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, ...