PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK BAN KARET SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT HALUS PADA CAMPURAN LASTON (AC-WC) TERHADAP KINERJA PERKERASAN JALAN RAYA (THE EFFECT OF USING CRUMB RUBBER AS A FINE AGGREGATE REPLACEMENT IN ASPHALT CONCRETE - WEARING COURSE (AC-WC) MIX TO ROAD STREET PAVEMENT PERFORMANCE)
Abstract
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor dan bermobil yang pesat, mengakibatkan kebutuhan akan ban kendaraan menjadi semakin meningkat. Secara berkala ban-ban kendaraan ini akan diganti dengan yang baru karena sudah tidak layak pakai dan limbah ban bekas pun menjadi bertambah setiap tahunnya. Masalah ini menjadi semakin besar karena ban tidak dapat terurai dengan mudah apabila hanya dibiarkan begitu saja. Salah satu bahan yang diharapkan dapat menjadi pengganti agregat halus adalah crumb rubber atau serbuk karet.
Kerusakan perkerasan jalan pada lapisan aus umumnya adalah retak dan deformasi permanen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik campuran laston AC-WC yang mengandung butiran/serbuk ban bekas dan membandingkan dengan campuran laston tanpa serbuk ban bekas. Tahap penelitian dimulai dari pemeriksaan sifat fisik material, menentukan nilai kadar aspal optimum, melakukan uji Marshall, Indirect Tensile Strength, dan Cantabro. Standar yang digunakan dalam pemeriksaan sifat fisik material mengacu pada Bina Marga 2010.
Hasil menunjukan akibat penggunaan kadar serbuk ban karet sebagai pengganti agregat halus no.30 terhadap karakteristik pengujian Marshall yaitu terjadi penurunan nilai stabilitas, MQ, VFWA, dan terjadi peningkatan nilai Flow, VITM, dan VMA. Nilai ITS mengalami peningkatan terbesar pada kadar serbuk ban karet 100% sebesar 33, 667 %. Nilai Cantabro mengalami penurunan terbesar pada kadar serbuk ban karet 100% sebesar 3,1996 %. Berdasarkan hasil pengujian ITS, Cantabro dan Marshall yang menunjukkan bahwa kenaikan persentase serbuk ban karet menaikkan nilai Flow dan menurunkan nilai MQ namun tetap berada diatas standar yang secara keseluruhan hal ini, mengindikasikan ketahanan campuran pada penggunaan serbuk ban karet lebih kuat dan tahan terhadap kelenturan, keawetan dan retak kelelahan serta diusulkan menggunakan kadar serbuk ban karet 25% - 75 %, karena terkait terpenuhnya spesifikasi dalam Bina Marga.
Collections
- Civil Engineering [4205]