dc.contributor.advisor | Dr. M. Syamsudin, SH., M.H. | |
dc.contributor.author | RIZALIN AHMAD ZUHADMA, 11410359 | |
dc.date.accessioned | 2019-01-17T02:31:28Z | |
dc.date.available | 2019-01-17T02:31:28Z | |
dc.date.issued | 2018-12-12 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12850 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan menganalisis perlindungan hukum konsumen pengguna
jasa biro perjalanan wisata di Kota Yogyakarta baik secara normatif dan empiris
dan menganalisis tanggung jawab pelaku usaha biro perjalanan wisata atas
pemenuhan hak-hak konsumen pengguna jasanya Kota Yogyakarta.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan
hukum konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata di Kota Yogyakarta baik
secara normatif dan empiris dan bagaimana tanggung jawab pelaku usaha biro
perjalanan wisata atas pemenuhan hak-hak konsumen pengguna jasanya di Kota
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif. Prosedur yang
digunakan untuk memecahkan masalah dengan terlebih dahulu meneliti data
sekunder yang ada kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer
di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi perpustakaan dan
wawancara. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan
perundang-undangan. Data penelitian setelah dianalisis dengan menggunakan
metode deskriptif kualitatif, diperoleh hasil bahwa perlindungan hukum
konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata di Kota Yogyakarta secara
normatif sudah memadai. Hal ini ditunjukkan dari ketentuan-ketentuan
sebagaimana diatur baik dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang
Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang
Kepariwisataan. Secara empiris, konsumen pengguna jasa biro perjalanan wisata
di Kota Yogyakarta belum terlindungi sepenuhnya. Hal ini ditunjukkan dari hasil
penelitian bahwa tidak semua biro perjalanan wisata membuat perjanjian yang
berisi hak dan kewajiban para pihak selama melakukan wisata. Tanggung jawab
pelaku usaha biro perjalanan wisata atas pemenuhan hak-hak konsumen
pengguna jasanya di Kota Yogyakarta belum sesuai sebagaimana diatur dalam
UUPK. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Perlindungan Hukum | en_US |
dc.subject | Konsumen | en_US |
dc.subject | Biro Perjalanan Wisata | en_US |
dc.title | PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA BIRO PERJALANAN WISATA (Studi Beberapa Biro Perjalanan Wisata di Kota Yogyakarta) | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |