IDENTIFIKASI KEBUTUHAN TOPIK PENDIDIKAN BERKELANJUTAN BAGI APOTEKER APOTEK DI KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH
Abstract
Sebagai tenaga kesehatan yang harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, apoteker dituntut untuk terus meningkatkan ilmu dan keterampilan kefarmasiaannya agar kualitas pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut dapat dicapai melalui kegiatan pendidikan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui topik pendidikan berkelanjutan yang sangat diperlukan oleh apoteker apotek di Kabupaten Klaten dan mengetahui faktor yang sering menjadi kendala bagi apoteker apotek di Kabupaten Klaten dalam mengikuti kegiatan pendidikan berkelanjutan. Penelitian ini merupakan peneilitian kuantitatif dengan metode survey menggunakan kuesioner yang didistribusikan dan diisi oleh apoteker apotek di Kabupaten Klaten. Pertanyaan terkait kebutuhan topik berkelanjutan dikembangkan dengan mengacu pada Permenkes no 73 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Kuesioner didistribusikan kepada 55 apoteker dan 47 orang diantaranya mengisi dengan lengkap dan mengembalikan kuesioner kepada peneliti sehingga diperoleh response rate sebesar (74.54%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa topik pendidikan berkelanjutan yang sangat diperlukan oleh apoteker apotek di Kabupaten Klaten adalah topik tentang pengembangan bisnis apotek (57.4%),topik tentang pelayanan konseling obat (63.8%), topik tentang farmakoterapi pernafasan (53.2%) dan faktor yang paling sering menjadi kendala bagi apoteker apotek di Kabupaten Klaten dalam mengikuti kegiatan pendidikan berkelanjutan adalah faktor waktu (57.4%) dan biaya (212%).
Collections
- Pharmacy [1444]