Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Rahmani Timorita Yulianti., M.Ag
dc.contributor.authorMUHAMMAD WAHYU NURCAHYA, 13423039
dc.date.accessioned2019-01-15T07:54:29Z
dc.date.available2019-01-15T07:54:29Z
dc.date.issued2018-12-11
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12795
dc.description.abstractPerkembangan masjid saat ini terbilang sangat pesat dan setiap muslim memiliki tugas yaitu untuk memakmurkannya. Pada zaman Rasulullah masjid menjadi pusat segala pusat kegiatan. Masjid menjadi point of development di masa itu. Di era modern ini, masjid yang sistem pengelolaannya masih tradisional membuat umat islam akan sulit berkembang. Namun, tetap ada pengecualian terhadap fakta-fakta serta kegelisahan dan keprihatian mengenai kondisi masjid-masjid di tanah air yang belum bisa berfungsi secara maksimal, walaupun jumlah nya masih sedikit bila di bandingkan total seluruh masjid yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara komperhensif serta tuntas tentang masjid yang telah di kelola secara modern dan mengaplikasikan nilai-nilai dari masjid yang berdiri di zaman Rasulullah dahulu. Penelitian akan di lakukan pada salah satu masjid yang ada di Yogyakarta yaitu masjid Jogokariyan. Berdasarkan riset awal di masjid Jogokariyan peneliti melihat sebuah fenomena dimana di sekitar masjid Jogokariyan terdapat banyak wirausaha yang berdiri mulai dari kuliner hingga jasa penginapan. Fokus penelitian akan tertuju kepada kualitas pelayanan yang di sediakan oleh masjid Jogokariyan serta dampak dari kualitas pelayanan tersebut terhadap perilaku jamaahnya dalam berwirausaha. Jenis penelitian yang akan digunakan penulis adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif peneliti mencoba untuk mendeskriptifkan informasi apa adanya sesuai dengan variabel-variabel yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa Masjid Jogokariyan telah sukses memaksimalkan potensi masjid dengan pelayanan yang di suguhkannya saat ini dan memenuhi peranan masjid dalam masyarakat islam. Serta memberikan dampak positif bagi jamaah pelaku wirausaha melalui pelayanan yang di sediakan oleh masjid Jogokariyan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDampaken_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectMasjiden_US
dc.subjectJamaahen_US
dc.subjectWirausaha.en_US
dc.titleDAMPAK KUALITAS PELAYANAN MASJID JOGOKARIYAN TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA JAMAAH Impact Of The Service Quality Of Jogokariyan Mosque to Jamaah entrepreneurial behavioren_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record