PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TATANAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI KIMIA MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran TGT
pada materi tatanama senyawa dan persamaan reaksi. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen menggunakan Quasi Experimental Design yaitu Posttest
Only With Nonequivalent Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas X MAN 4 Sleman tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 4 (empat) kelas.
Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak
2 (dua) kelas. Pengumpulan data menggunakan metode non tes (angket) untuk
data motivasi belajar ranah sikap dan metode tes (soal pilihan ganda) untuk data
prestasi belajar ranah pengetahuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji independent samples t-test untuk data motivasi belajar dan mann
whitney untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap
motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT pada
materi tata nama dan persamaan reaksi. (2) Ada perbedaan yang signifikan
terhadap prestasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran
TGT pada materi tata nama dan persamaan reaksi.
Collections
- Chemistry [585]