dc.description.abstract | Pendidikan agama Islam secara tidak langsung menerapkan nilai-nilai
akhlakul karimah dalam perkembangan siswa. Strategi pembelajaran yang
diterapkan pun harus dilengkapi dengan beberapa metode pembinaan akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui strategi pembelajaran pendidikan
agama Islam pada kelas inklusi tepatnya di kelas IV, V, dan VI. 2. Mengetahui
bagaimana gambaran yang tepat dan jelas terkait strategi pembelajaran pendidikan
agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di kelas inklusi tepatnya
kelas IV, V, dan VI.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan
Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran
pendidikan agama Islam, guru pembimbing khusus, dan siswa kelas IV, V, dan
VI. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran pendidikan Islam
dalam membentuk akhlakul karimah siswa di kelas inklusi. Teknik yang
digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini adalah dengan teknik
purposive, yaitu dengan pertimbangan tertentu. Subjek penelitian ini dianggap
paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran pendidikan
agama Islam yang diterapkan dalam membentuk akhlakul karimah siswa sudah
baik dan efektif serta relevan dengan adanya beberapa metode pembinaan akhlak
yang diterapkan guru pada strategi pembelajaran. Konsep model kelas inklusinya
pun sudah sesuai dengan kebutuhan siswanya | en_US |