Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Hujair A.H. Sanaky, MSI
dc.contributor.authorAyesya Helenna Malik, 14422099
dc.date.accessioned2019-01-15T06:33:59Z
dc.date.available2019-01-15T06:33:59Z
dc.date.issued2018-12-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12770
dc.description.abstractPendidikan agama Islam secara tidak langsung menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah dalam perkembangan siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan pun harus dilengkapi dengan beberapa metode pembinaan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas inklusi tepatnya di kelas IV, V, dan VI. 2. Mengetahui bagaimana gambaran yang tepat dan jelas terkait strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di kelas inklusi tepatnya kelas IV, V, dan VI. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, guru pembimbing khusus, dan siswa kelas IV, V, dan VI. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran pendidikan Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di kelas inklusi. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini adalah dengan teknik purposive, yaitu dengan pertimbangan tertentu. Subjek penelitian ini dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam membentuk akhlakul karimah siswa sudah baik dan efektif serta relevan dengan adanya beberapa metode pembinaan akhlak yang diterapkan guru pada strategi pembelajaran. Konsep model kelas inklusinya pun sudah sesuai dengan kebutuhan siswanyaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectAkhlakul Karimahen_US
dc.subjectKelas Inklusien_US
dc.titleSTRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA PADA KELAS INKLUSI DI SDN GEJAYAN, DEPOK, SLEMANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record