Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. A.F. Djunaidi M,Ag
dc.contributor.authorANISA NUR OKTAVIANI, 14422047
dc.date.accessioned2019-01-15T06:28:37Z
dc.date.available2019-01-15T06:28:37Z
dc.date.issued2018-11-16
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12769
dc.description.abstractIbadah merupakan unsure mutlak dalam agama, dalam hal ini Ibnu Taimiyah merumuskan bahwa ibadah menurut syara’ yakni “tunduk dan cinta, artinya tunduk mutlak kepada Allah yang disertai cinta kepada Allah. Ibadah ini merupakan hal yang dilakukan dalam keseharian umat islam, bahkan ibadah sudah kita laksanakan sejak kecil da sudah ditanamkan oleh orang tua mengenai ibadah terutama ibadah mahdah yang membahas mengenai sholat dan puasa. Siswa memiliki pemahamannya sendiri dalam menangkap pelajaran fiqih di sekolah sehingga pemahaman ini berpengaruh terhadap ibadah mahdah yang dilaksanakan setiap harinya di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pemahaman fiqih terhadap pelaksanaan ibadah mahdah yang dilaksanakan di sekolah. Dalam penelitian ini terdapat dua variable dependen yakni pemahaman fiqih (X) dan variable independen yakni ibadah mahdah siswa (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket pada obyek penelitian, serta data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Sampel yang diambil berjumlah 75 responden. Analisis data penelitian menggunakan SPSS versi 23.00 for windows dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil data penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh pemahaman fiqih terhadap ibadah siswa sebesar 0,127%, nilai tersebut dilihat dari nilai R Squer sebesar 0,127%. Pemahaman fiqih merupakan salah satu faktor penting dalam melaksanakan ibadah mahdah siswa, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa F hitung = 10,653 dengan tingkat signifikan sebesar 0,002< 0,05 sehingga terdapat pengaruh antara variable dependen (X) yakni pemahaman fiqih terhadap variable independen (Y)ibadah mahdah siswa sebesar 12,7% sedangkan sisanya 87,3% adalah faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemahaman fiqih terhadap ibadah (mahdah) siswa dan berkorelasi positif, artinya kedua variable tersebut berpengaruh secara signifikan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectPemahaman Fiqihen_US
dc.subjectIbadah (mahdah) Siswaen_US
dc.titlePENGARUH PEMAHAMAN FIQIH TERHADAP IBADAH (Mahdah) SISWA KELAS X DAN XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record