Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. Hujair A.H. Sanaky, MSI
dc.contributor.authorNAJEH MU’AZZAM, 12422075
dc.date.accessioned2019-01-15T04:45:12Z
dc.date.available2019-01-15T04:45:12Z
dc.date.issued2018-12-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12762
dc.description.abstractDalam dunia Pendidikan, tujuan kegiatan pengajaran tidak hanya berorientasi kepada hasil belajar yang bersifat kognitif saja, akan tetapi aspek moral juga penting dalam tujuan pembelajaran. SMP Muhammadiyah Turi sebagai salah satu lembaga pendidikan diharapkan mampu mengolah dan mencetak siswa-siswinya supaya menjadi orang yang memiliki nilai-nilai moral yang baik. Sehingga para guru di sekolah diharuskan mampu mengajarkan nilai-nilai moral kepada para siswanya dengan cara-cara tertentu, atau menggunakan cara-caranya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran guru PAI dalam membina moral siswa di kelas IX SMP Muhammadiyah Turi 2018. Subyek atau responden dalam penelitian ini adalah para siswa/siswi kelas IX di SMP Muhammadiyah Turi 2018. Penelitian ini menggunakan populasi siswa/siswi kelas IX yang terdiri dari kelas IX-A dan IX-B dengan jumlah total siswanya adalah 52 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrument pengumpulan data yaitu angket dalam bentuk check list. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier sederhana yang dikerjakan dengan bantuan software komputer SPSS16.0 for windows. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat arah yang negatif (-) antara variabel strategi guru dan variabel moral siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi -0,018, angka signifikansi Sig. (1-tailed) 0,450 lebih besar > 0,05 atau 5%, koefisien R Square (KD) r2x100% yaitu 0,00% atau .000. Hal ini bermakna diperoleh sebesar (100%-0,00%=1%) dan sisanya 99% dapat dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini didapatkan kesimpulan, strategi pembelajaran guru PAI dalam membina moral siswa hanya memiliki pengaruh sebesar 1% terhadap moral siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Turi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectmoralen_US
dc.titleSTRATEGI GURU PAI DALAM MEMBINA MORAL SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH TURI YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record