Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Nanang Nuryanta, M.Pd
dc.contributor.authorMuhammad Fathurrahman, 11422024
dc.date.accessioned2019-01-15T04:38:31Z
dc.date.available2019-01-15T04:38:31Z
dc.date.issued2018-12-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12760
dc.description.abstractMotivasi belajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. fakta di lapangan menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam menerima dan mempelajari materi pelajaran Pendidikan agama Islam dan sebagaian besar siswa asik dengan temannya sendiri seperti berbicara dengan temannya sendiri ketika guru sedang menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan tingkat latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research). Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan XI IPS di SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan populasi. Teknik Pengumpulan data dengan angket atau quisioner dan tes untuk data prestasi belajar. Uji asumsinya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan linieritas. Teknik analisis data dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. Temuan hasil penelitian adalah (a). Besarnya pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar adalah -0,113, yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar -0,858 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,024 dimana p > 0,05 (p = 0,396 > 0,05) Dengan demikian variable motivasi belajar tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta. (b). Besarnya pengaruh tingkat latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar adalah 0.467, yang ditunjukkan oleh thitung sebesar 1,639 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,024 dimana p > 0,05 (p = 0,109 > 0,05. Dengan demikian variable latar belakang tingkat pendidikan orang tua tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta. (c). Besarnya pengaruh motivasi belajar dan tingkat latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar adalah 7,6%, yang ditunjukkan oleh harga Fhitung sebesar 1,573 < Ftabel 3,25 dan p > 0,05 (p = 0,221 > 0,0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan latar belakang tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakrta. Hal ini berarti bahwa pengaruh motivasi belajar dan tingkat latar belakang pendidikan orang tua siswa SMA UII Banguntapan Bantul Yogyakarta sebesar 7,6%. sedangkan sisanya 92,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak menelitinya. Asumsinya berupa faktor yang berasal dari luar dan dalam diri siswaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectTingkat Latar Belakang Pendidikan Orang Tuaen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA.en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record