ANALISIS PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (Studi kasus. Mengukur kepuasan penggunaan layanan UNISYS di Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi diharapkan dapat menguatkan pada tata kelola, akuntabilitas dan citra publik perusahaan maupun instansi terhadap meningkatnya kinerja sebuah layanan. Hal tersebut sedikit banyak membuat pengelola layanan UNISYS harus kembali melihat pelayanan yang sudah diberikan kepada civitas akademika Universitas Islam Indonesia. UNISYS sebagai portal akademik yang digunakan oleh seluruh civitas akademika UII seharusnya dalam hal ini dapat memberikan sebuah tampilan yang lebih menarik sehingga dapat memberikan dorongan terhadap penggunanya dalam memanfaatkannya.
Salah satu indikator untuk membangun citra yang baik di mata pelanggan khususnya civitas akademika adalah melalui pengukuran tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan UNISYS.
Dalam penelitian ini, peneliti menggabungkan dua metode, yaitu servqual dan webqual. Dari dua metode tersebut didapat sebuah kesimpulan bahwa variable yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan penggunana layanan UNISYS adalah service satisfaction, web satisfaction, tangibles, website design quality, assurance, information quality, reliability, responsiveness, dan usability quality. Sedangkan variable yang tidak mempengaruhi kepuasan terhadap pengguaan layanan adalah empathy.