Show simple item record

dc.contributor.advisorNur Wijayaning Rahayu, S.Kom., M.Cs.,
dc.contributor.authorNadine Deskananda Sajiatmoko, 14523267
dc.date.accessioned2019-01-10T07:52:25Z
dc.date.available2019-01-10T07:52:25Z
dc.date.issued2018-12-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12558
dc.description.abstractPengujian integrasi adalah sebuah level dari pengujian perangkat lunak dimana modulmodul yang berdiri sendiri digabungkan dan diuji sebagai sebuah kesatuan. Penelitian ini berfokus pada pengujian integrasi pada modul PPDB, Distribusi dan Mutasi, Penilaian, Penjadwalan, Ekskul dan Konseling dan Kepegawaian untuk SMP yang telah diimplementasikan pada penelitian sebelumnya, namun keenam modul ini belum terintegrasi. Penelitian ini menggunakan metode bottom-up testing dikarenakan error program dapat dideteksi lebih awal. Bottom-up testing adalah salah satu pendekatan dari pengujian integrasi dimana komponen-komponen terendah akan diuji terlebih dahulu kemudian komponen yang lebih tinggi akan diuji setelahnya. Tahapan penelitian ini dimulai dari studi literatur dari penelitian-penelitian sebelumnya dan wawancara dengan pengembang sistem untuk memperoleh data ketergantungan antar sistem. Kemudian, setelah data keterhubungan diperoleh, pengembang memberikan nilai pada masing-masing ketergantungan. Selanjutnya yaitu membuat matriks nilai ketergantungan antar modul yang kemudian jumlah nilai dalam matriks dijumlahkan dan diurutkan yang kemudian dibuat diagram integrasi sistem dari urutan nilai tersebut untuk menentukan sistem yang diintegrasi dan diuji terlebih dahulu. Kemudian, dibuat skenario pengujian berdasarkan activity diagram yang telah dibuat dari penelitian sebelumnya. Setelah itu dilakukan pengujian, dari hasil pengujian kemudian dibuat persentase keberhasilan pengujian dari setiap skenario pengujian. Selanjutnya dibuat evaluasi hasil pengujian dengan mengklasifikasikan temuan dari pengujian yaitu kekurangan sistem dan yang terakhir membuat kesimpulan dan saran. Penelitian ini telah berhasil menerapkan metode bottom-up testing untuk pengujian integrasi antar modul sistem informasi sekolah yang menunjukan bahwa masih terdapat kesalahan dan kekurangan pada keenam sistem ketika telah diintegrasi. Kesalahan dan kekurangan yang diperoleh kemudian di klasifikasi untuk memudahkan pengembang sistem untuk melakukan perbaikan. Karena masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, sistem belum dapat diimplementasikan pada lingkungan pengguna. Metode yang telah diterapkan pada penelitian ini diharapkan bisa menjadi metode untuk melakukan pengujian integrasi lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSistem informasi sekolahen_US
dc.subjectintegrasi sistemen_US
dc.subjectpengujian integrasien_US
dc.subjectbottom-up testing.en_US
dc.titlePENGUJIAN BOTTOM-UP TERHADAP INTEGRASI ANTAR MODUL SISTEM INFORMASI SEKOLAH UNTUK SMPen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record