Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Ahmad Darmadji, M.Pd.
dc.contributor.authorDewi Ayu Kartika, 16913106
dc.date.accessioned2019-01-10T02:44:14Z
dc.date.available2019-01-10T02:44:14Z
dc.date.issued2018-11-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12514
dc.description.abstractMaraknya kekerasan anak disekolah, membuktikan pelaksanaan undangundang perlindungan anak belum berjalan seperti yang diharapkan. Norma dan realita menunjukkan kurangnya pengendalian diri baik dari siswa maupun guru. Bertolak dari realita tersebut, penelitian ini berbica mengenai implementasi undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di SMP Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah dengan berusaha menjawab dua pertanyaan: l) Bagaimana implementasi undang-undang nomor 35 tahun 2AA tentang perlindungan anak di SMP Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah? 2) Apa sap faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi perlindungan anak di sekolah? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Pengumpulan dan teknik analisis data yang digunakan dengan beberapa tahapan, sehingga analisis data dapat dihasilkan dan disimpulkan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan implementasi undang-undang perlindungan anak di sekolah sudah diterapkan, nrunun masih ada beberapa guru yang menggunakan hukuman fisik/verbal. Hukuman tersebut masuk dalam tipologi kekerasan tingkat o'ringan". Faktor-faktor pendukung implementasi perlindungan anak ialah rutin mengadakan kegiatan keagamaan, sekolah ramah anak, sekolah tanpa kekerasan, dan penanaman nilai-nilai spiritual (integrasiinterkoneksi). Sekolah juga menyediakan fasilitas "Kotak saran" untuk menampung aspirasi siswa. Pemerintah mendukung dengan melakukan upaya tindak pencegahan melalui lembaga-lembaga perlindungan anti kekerasan pada anak dan perempuan. Faktor-faktor penghambat implementasi perlindungan anak yaitu, minimnya sosialisasi, adanya tekanan kerja, masalah pribadi serta perilaku menyimpang siswa melandasi timbulnya kekerasan yang dilakukan guru terhadap siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectimplementasien_US
dc.subjectperlindungan anaken_US
dc.subjectsekolahen_US
dc.titleIMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DI SMP NEGERI 2 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAHen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record