PERENCANAAN STRATEGI ALTERNATIF MENGGUNAKAN ANALISIS METODE SWOT, MATRIKS BCG & QSPM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PAKAIAN MUSLIMAH KARDIGAN PADA CV. MULTIGUNA SAFIRAH COLLECTION
Abstract
Sebagai negara dengan mayoritas masyarakat muslim yang termasuk terbesar di dunia, maka sudah tentu di Indonesia trend fashion muslimah banyak merajai pasaran terutama di tahun 2000an ini. Industri pakaian terus bergulir dan berganti seiring dengan berjalannya waktu khususanya pada daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Adanya persaingan pasar yang ketat menyebabkan perusahaan harus merencanakan strategi alternatif untuk dapat bersaing di pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) serta lingkungan eksternal (peluang dan ancaman), merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi penjualan produk pakaian Muslimah CV. Multiguna (Safirah Collection) dalam meningkatkan penjualan produk pakaian serta menentukan alternatif strategi terbaik guna memenangkan persaingan pasar yang semakin berkembang pada saat ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan menggunakan wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi serta studi kepustakaan. Sumber data diperoleh dari data primet terkait volume penjualan dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode matriks IFAS, EFAS, SWOT, Matriks BCG dan analisis QSPM.
Berdasarkan hasil penelitian dengan metode SWOT menunjukkan bahwa selisih antara kondisi internal dan eksternal CV. Multiguna masing-masing sebesar 0,19 dan -0,29, sehingga perusahaan berada pada posisi kuadran empat (Weaknesses-Threats). Hasil analisis matrix BCG diperoleh data CV. Multiguna berada pada posisi yang kurang menguntungkan yaitu kuadran dogs, dengan pangsa pasar/ market share tahun 2017 sebesar 43,5% dengan nilai market growth -13,5%. Oleh sebab itu, didapatkan lima alternatif strategi dan melalui analisis QSPM terpilih strategi Weaknesses-Threats sebagai strategi terbaik dengan total nilai 7,5.
Collections
- Industrial Engineering [2289]