Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Muhajir, S.Si., M.Sc.
dc.contributor.authorAdwi Guntur Prasetyo, 14611069
dc.date.accessioned2019-01-09T02:51:59Z
dc.date.available2019-01-09T02:51:59Z
dc.date.issued2018-09-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12451
dc.description.abstractProses antrian merupakan suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, menunggu dalam baris antrian jika belum dapat dilayani, dilayani dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut sesudah dilayani. Ada beberapa model antrian yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah antrian, salah satunya adalah model (M/M/c). Model antrian tersebut digunakan untuk menyelesaikan masalah antrian yang memiliki banyak ketersediaan jumlah server dalam satu tahap pelayanan. Antrian sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari terutama ditempat-tempat pelayanan umum seperti pelayanan pembayaran di gardu tol Pelayanan pembayaran di gardu tol Krapyak memiliki 4 server yang terdiri dari 2 server Gardu Tol Otomatis dan 2 server Gardu Tol Konvensional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sistem antrian pelayanan pembayaran di gardu tol Krapyak khususnya pada shift 1 (05.00-14.00) dab shift 2(14.00-22.00). Setelah melalui proses pengumpulan data, perhitungan dan pengolahan data menggunakan model antrian (M/M/c) diketahui pola kedatangan kendaraan berdistribusi Poisson dan waktu pelayanan pembayaran berdistribusi poisoon. Kinerja sistem antrian pelayanan di gardu tol Krapyak dapat dikatakan sudah efektif, karena Steady State disetiap tahap kurang dari 1 dengan rata-rata waktu tunggu pada GTK terpanjang selamA 4,9 menit dalam antrian dan dalam sistem 5,4 menit. Jumlah kendaraan yang menunggu dalam sistem paling banyak pada GTK adalah 14 kendaraan pada pukul 20.00-21.00 sedangkan banyak pengantri dalam anrian sebesar 37 kendaraan pada jam 13.00-14.00. Untuk rata-rata waktu tunggu pada GTO selama 1,5 menit dalam antrian dan dalam sistem 2 menit. Jumlah kendaraan yang menunggu dalam sistem paling banyak pada GTO adalah 6 kendaraan pada pukul18.00-19.00 dan 21.00-22.00 sedangkan banyak pengantri dalam anrian sebesar 5 kendaraan pada jam yang sama.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAntrianen_US
dc.subjectm/m/cen_US
dc.subjectsteady stateen_US
dc.subjectjalan tolen_US
dc.titleMODEL MULTI CHANNEL SINGLE PHASE (M/M/c) UNTUK EFEKTIFITAS PELAYANAN ANTRIANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record