dc.description.abstract | Pendidikan mempunyai kewajiban untuk selalu meningkatakan
Menejemen kuwalitas baik dari segi Pelayanan, Out put, serta Kerja sama.
Dengan kerja sama yang baik dari bergai pihak, pendidikan akan mampu
meningkatakan prestasi siswa ataupun sekolah. Adapun tujuan dari penelitian
ini ialah : 1. Untuk mengetahui Penerapan Total Quality Management (TQM)
di MTsN 2 Sleman. 2. Untuk mengetahui Peran Orang Tua Siswa dalam
Meningkatkan Total Quality Management (TQM) di MTsN 2 Sleman.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif,
sedangkan teknik analisis data mengunakan dari Miels dan Huberman .
Subyek pada penelitian ini ialah Orang Tua Siwa MTsN 2 Sleman. Adapun
teknik pengumpulan datanya melalui metode observasi, wawancara serta
dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Sistem
manajemen mutu di MTsN 2 Sleman bila ditinjau dari unsur-unsur Total
Quality Management (TQM) yang meliputi: (a) fokus kepada pelanggan, (b)
peningkatan terhadap kualitas, (c) kerjasama dalam team work, maka dapat
dikatakan bahwa sekolah tersebut telah menerapkan manajemen mutu. 2.
Peran orang tua siswa untuk meningkatkan Menajemen pendidikan memiliki
peran sebagai berikut: (a) melakukan pengawasan terhadap anak ketika di
rumah (b), menyiapkan fasilitas belajar anak (C) menjalin kerja sama dengan
sekolah anak | en_US |