Show simple item record

dc.contributor.authorCaesar, Amelia Kresnadewi
dc.date.accessioned2018-12-20T04:31:54Z
dc.date.available2018-12-20T04:31:54Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/12223
dc.description.abstractKurikulum akuntansi menipakan sal ah satu faktor yang mempengaruhi kualitas kelulusan sarjana akuntansi untuk menghadapi tantangan dunia bisnis Desain kurikulum yang lepal dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran mahasiswa yang pada akinmya menghasiikan lulusan van.g memihki kuliias lebih baik. Akan tetapi suht untuk mengukur ketepatan desain kurikulum karena melibatkan persepsi dan berbagai pihak yang terlibat didalamnya, dimana persepsi ini sangat dipengaruhi oleh sudut kepentingan masing-masing pihak, Persepsi adalali sualu proses dengan apa mdivuhi mernberikan, mengolah, dan inengiiiterpreiasikan kesan sensor nsereka dalam upaya mernberikan arti bag) lingkungan. Persepsi mempengaruhi orang dalam menginterpretasikan hal-hal yang mereka temui agar menjadi suatu infonnasi vang berguna. Mempertimbangkan hal tersebut, menarik untuk diselidiki bagaimanakah desain kurikulum junisan akuntansi dipandang oleh pihak-pihak terkait. Untuk mengetahui niengenat persepsi maliasiswa akuntansi sendiri dan praktisi dunia bisnis sebagai salah satu pihak yang terkait dengan akunlansi - mengenai kurikuium yang sekarang berlaku di jurusan akuntansi. khususnya di FH-UIJ. terutama setelah diterbitkannva SK Menteri pendidikan no 232/U/2000 dan SK no 045/U 2002. Populasi dalam riser ini berjumlah 80 mahasiswa jurusan Akuntansi FE-UII tingkat aklur dan 20 praktisi dan berbagai Iatar belakang bisnis H> Yogyakarta. Riset mi dilakukan dan bulan januari sampai Jum" 2004, Seielah diseleksi, didapatkan 60 mahasiswa dan 12 praktisi vang diiadikan sebagai responden. Riset ini menipakan riset kualitatif. Data vane digunakan berasal dan hasil kuisioner yang dibagikan kepada 72 responden diatas mengen ai persepsi responden ternadap relcvansi dari klasifikasi mata kuliah di kurikulum baru akuntansi FF- Uii serta kontribusinya dalam peningkatan pengetahuan, karakter, dan keahlian mahasiswa akuntansi imtiik memenidii kebufuhan dunis bisnis. Vanabel mdependen dalam riset ini adalah mata kuliah yang menjadi perbedaan aniara kurikuium lama dan kurikulum baru. Kemudian mata kuiiah-mata kuliah ini diklasifikasikan berdasarkan persamaan kai'akteristiknya. Terdapat lima klasifikasi. dimana tiap klasifikasi kecuaii Ekonomi Islam (klasifikasi dua). terdiri dari beberaoa mata kuliah. Klasifikasinya adalah: mata kuliah baru (klasifikasi satu), nenggabungan mata kuliah (kiasitikasi dual, perubahan kateuon mata kuliah (klasifikasi ti>rai penibahan sks mata kuliah (klasifikasi empat) dan mata kuliali vang dihaDuskan (klasifikasi lima). Hasil studi mi menimjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara persepsi mahasiswa akuntansi FE UII dengan praktisi bisnis terhadap klasifikasi tersebut. Namun telaali terhadap mata kuliah individual menimjukkan baiiwa dan 33 mata kuliali yang diselidiki. 8 mata kuliah menunjukkan beda nersepsi signifikan Mata kuliali tersebut adalah: i mata kuliah dari klasifikasi satu, 2 mata kuliah dari klasifikasi empat, dan 5 mata kuliali dari klasifikasi lima.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectThe Perception of Accountingen_US
dc.subjectStudents and Practitioners Towarden_US
dc.subjectRelevance of the New Accounting Curriculumen_US
dc.subjectA Case of The Accounting Courses Classification in FE-UIIen_US
dc.titleThe Perception of Accounting Students and Practitioners Toward the Relevance of the New Accounting Curriculum A Case of The Accounting Courses Classification in FE-UIIen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record