dc.contributor.author | Caesar, Amelia Kresnadewi | |
dc.date.accessioned | 2018-12-20T04:31:54Z | |
dc.date.available | 2018-12-20T04:31:54Z | |
dc.date.issued | 2005 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/12223 | |
dc.description.abstract | Kurikulum akuntansi menipakan sal ah satu faktor yang mempengaruhi kualitas
kelulusan sarjana akuntansi untuk menghadapi tantangan dunia bisnis Desain
kurikulum yang lepal dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran mahasiswa
yang pada akinmya menghasiikan lulusan van.g memihki kuliias lebih baik. Akan
tetapi suht untuk mengukur ketepatan desain kurikulum karena melibatkan persepsi
dan berbagai pihak yang terlibat didalamnya, dimana persepsi ini sangat dipengaruhi
oleh sudut kepentingan masing-masing pihak, Persepsi adalali sualu proses dengan
apa mdivuhi mernberikan, mengolah, dan inengiiiterpreiasikan kesan sensor nsereka
dalam upaya mernberikan arti bag) lingkungan. Persepsi mempengaruhi orang dalam
menginterpretasikan hal-hal yang mereka temui agar menjadi suatu infonnasi vang
berguna.
Mempertimbangkan hal tersebut, menarik untuk diselidiki bagaimanakah desain
kurikulum junisan akuntansi dipandang oleh pihak-pihak terkait. Untuk mengetahui
niengenat persepsi maliasiswa akuntansi sendiri dan praktisi dunia bisnis sebagai
salah satu pihak yang terkait dengan akunlansi - mengenai kurikuium yang sekarang
berlaku di jurusan akuntansi. khususnya di FH-UIJ. terutama setelah diterbitkannva
SK Menteri pendidikan no 232/U/2000 dan SK no 045/U 2002.
Populasi dalam riser ini berjumlah 80 mahasiswa jurusan Akuntansi FE-UII
tingkat aklur dan 20 praktisi dan berbagai Iatar belakang bisnis H> Yogyakarta. Riset
mi dilakukan dan bulan januari sampai Jum" 2004, Seielah diseleksi, didapatkan 60
mahasiswa dan 12 praktisi vang diiadikan sebagai responden.
Riset ini menipakan riset kualitatif. Data vane digunakan berasal dan hasil
kuisioner yang dibagikan kepada 72 responden diatas mengen ai persepsi responden
ternadap relcvansi dari klasifikasi mata kuliah di kurikulum baru akuntansi FF- Uii
serta kontribusinya dalam peningkatan pengetahuan, karakter, dan keahlian
mahasiswa akuntansi imtiik memenidii kebufuhan dunis bisnis.
Vanabel mdependen dalam riset ini adalah mata kuliah yang menjadi perbedaan
aniara kurikuium lama dan kurikulum baru. Kemudian mata kuiiah-mata kuliah ini
diklasifikasikan berdasarkan persamaan kai'akteristiknya. Terdapat lima klasifikasi.
dimana tiap klasifikasi kecuaii Ekonomi Islam (klasifikasi dua). terdiri dari beberaoa
mata kuliah. Klasifikasinya adalah: mata kuliah baru (klasifikasi satu), nenggabungan
mata kuliah (kiasitikasi dual, perubahan kateuon mata kuliah (klasifikasi ti>rai
penibahan sks mata kuliah (klasifikasi empat) dan mata kuliali vang dihaDuskan
(klasifikasi lima).
Hasil studi mi menimjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara
persepsi mahasiswa akuntansi FE UII dengan praktisi bisnis terhadap klasifikasi
tersebut. Namun telaali terhadap mata kuliah individual menimjukkan baiiwa dan 33
mata kuliali yang diselidiki. 8 mata kuliah menunjukkan beda nersepsi signifikan
Mata kuliali tersebut adalah: i mata kuliah dari klasifikasi satu, 2 mata kuliah dari
klasifikasi empat, dan 5 mata kuliali dari klasifikasi lima. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | The Perception of Accounting | en_US |
dc.subject | Students and Practitioners Toward | en_US |
dc.subject | Relevance of the New Accounting Curriculum | en_US |
dc.subject | A Case of The Accounting Courses Classification in FE-UII | en_US |
dc.title | The Perception of Accounting Students and Practitioners Toward the Relevance of the New Accounting Curriculum A Case of The Accounting Courses Classification in FE-UII | en_US |