dc.contributor.advisor | Drs. H. Muzhoffar Akhwan, MA. | |
dc.contributor.author | Nisa Uzlifatul Jannah, 14422175 | |
dc.date.accessioned | 2018-12-05T07:08:02Z | |
dc.date.available | 2018-12-05T07:08:02Z | |
dc.date.issued | 2018-10-05 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11934 | |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, bangsa dan negara. Tujuan dari suatu pembelajaran adalah adanya perubahan positif dari peserta didik. Pengembangan karakter bagi peserta didik hanya dapat bermakna apabila dilakukan dalam suatu proses pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa di MTs N 9 Sleman. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Cara pengambilan data dengan menggunakan kuisioner atau angket. Objek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs N 9 Sleman yang berjumlah 52 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan tentang Pengaruh Pembelajaran berbasis Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs N 9 Sleman, maka diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.533 yang lebih besar > dari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa tingkat pengaruhnya sebesar 53.3% dan sisanya 46.7% dipengaruhi oleh variabel lain. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa “Ada pengaruh pembelajaran berbasis pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa di MTs N 9 Sleman”. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pendididikan Karakter | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs N 9 SLEMAN | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |