Show simple item record

dc.contributor.advisorAden Wijdan SZ, M.Si
dc.contributor.authorDenak Sintia Rahmawati, 14422085
dc.date.accessioned2018-12-05T06:53:16Z
dc.date.available2018-12-05T06:53:16Z
dc.date.issued2018-10-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11929
dc.description.abstractBerkembangnya zaman dan tekhnologi , manusia menciptakan alat yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi dengan sesama diantaranya adalah gadget. Gadget adalah salah satu tekhnologi yang sangat dibutuhkan manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain. Semua tekhnologi mempunyai dampak negative dan positif, dalam hal ini peran orang tua sangat menentukan bagaimana dampak yang ditimbulkan tekhnologi gadget terhadap kepribadian atau akhlak anak. Ketergantungan anak dalam bermain gadget tak lepas dari peran kedua orang tua. Sudah semestinya di zaman yang serba modern ini orang tua bisa lebih pandai dalam mengenalkan sarana tekhnologi kepada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh yang ditimbulkan gadget terhadap kepribadian atau akhlak anak dan bagaimana cara orang tua menghadapi tekhnologi yang semakin pesat ini. Penelitian ini menggunakan field research dengan participant observation dan tekhnik pengambilan sample menggunakan snowball sampling, teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi, metode penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan sosial dan tekhnologi khususnya sosiologi dalam keluarga. Hasil dari penelitian ini terdapat 5 subyek yang diteliti, peneliti menemukan adanya pengaruh-pengaruh negative dan positif gadget dalam pembentukan karakter anak yang dapat dilihat dari cara orang tua mendidik, mengajari dan berkomunikasi dengan anaknya. Kurangnya pengawasan dan perhatian orang tua di saat anak bermain dengan gadget, dikarenakan orang tua terlalu menganggap remeh dampak yang ditimbulkan gadget terhadap tumbuh kembang anak. Sebagian besar gadget hanya digunakan anak-anak untuk bermain game dan menonton video animasi yang mana jika orang tua ikut andil dalam penggunaan gadget anak maka akan lebih besar manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan gadget anak.orang tua harus lebih hati-hati alam mengawasi dan memonitoring kegiatan anak saat bermain gadget sehari-hari untuk meminimalisir dampak negative yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tesebut dan seharusnya gadget digunakan untuk hal-hal yang lebih positif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPenggunaan gadget dan kepribadian anaken_US
dc.titleANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP AKHLAK ANAK ( STUDI KASUS DI SD N 01 KEBONHARJO, KLATEN)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record