Show simple item record

dc.contributor.advisorBurhan Nudin, S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.authorWira Agustian, 14422058
dc.date.accessioned2018-12-05T06:40:28Z
dc.date.available2018-12-05T06:40:28Z
dc.date.issued2018-10-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11925
dc.description.abstractPendidikan merupakan suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan menimbulkan perubahan dalam dirinya untuk berfungsi secara baik dalam kehidupan masyarakat. Siswa dapat bertumbuh kembang dalam perubahan dirinya dengan baik di sebuah lembaga pendidikan yaitu dengan proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode diskusi terhadap hasil belajar siswa di MTs Al-Qodir Cangkringan. Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru fikih di MTs Al-Qodir. Objek penelitian ini berupa model implementasi metode diskusi dalam optimalisasi belajar. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang dapat memperkuat alasan seseorang menjadi subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode diskusi di MTs Al-Qodir Cangkringan telah berjalan dengan baik. Dalam proses pelaksanaan metode diskusi terdapat langkah-langkah sebagai berikut: Pertama, Persiapan, menentukan topik dan suatu masalah yang menarik, menjelaskan tujuan pembelajaran serta kompetensi yang dicapai, dan membuat 4 kelompok diskusi. Kedua, Pelaksanaan, memberikan materi dan suatu permasalahan untuk di diskusikan, membimbing dan menjaga suasana kelas, mempresentasikan hasil diskusi, memberi pertanyaan dan tanggapan kepada kelompok yang presentasi, memberi uraian tambahan dan memperbaiki apabila ada kesalahan, dan mengumpulkan hasil diskusinya. Ketiga, Respon Siswa, siswa menguasai materi diskusi, memiliki keterampilan bertanya dan menjawab, memiliki rasa ingin tahu, dan aktif dalam diskusi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Diskusien_US
dc.subjectOptimalisasi Belajaren_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM OPTIMALISASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VII DI MTS AL-QODIR CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record