Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.authorRifqi Maulana, 13422101
dc.date.accessioned2018-12-05T06:22:56Z
dc.date.available2018-12-05T06:22:56Z
dc.date.issued2018-10-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11919
dc.description.abstractAda banyak pengaruh yang mempengaruhi motivasi untuk belajar salah satunya yatu pola asuh orang tua, yang mana orang tua merupakan lingkungan terdekat yang selalu mengitari anak sekaligus menjadi figur dan idola mereka, model perilaku orang tua secara langsung maupun tidak langsung akan dipelajari dan ditiru oleh anak. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa/siswi MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa/siswi MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan angket. Dimana angket sebagai teknik pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Observasi digunakan untuk menggali data-data yang dengan mudah diamati secara langsung mengenai hal berkaitan dengan motivasi belajar siswa/siswi MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Subyek penelitian adalah siswa/siswi MTs Sunan Pandanaran yang berjumlah 406 orang dengan karakteristik siswa/siswi yang terdaftar dan aktif menjalani kegiatan belajar mengajar kelas VIII di MTs Sunan Pandanaran. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi dengan menggunakan program bantu SPSS 21 For Windows Program. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara variabel pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 9,3%. Artinya pola asuh orang tua menjadi faktor penting dalam motivasi belajar siswa/siswi. Semoga studi ini bisa menjadi cara yang lebih baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa/siswi MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpola asuh orang tuaen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.titlePENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MTs SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record