APLIKASI BERBASIS VIRTUAL REALITY UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN ORGAN PENCERNAAN MANUSIA
Abstract
Pembelajaran menggunakan bantuan media teknologi merupakan salah satu metode pembelajaran yang menarik dan dianggap efektif dimana siswa-siswi mampu belajar dimanapun dan kapanpun hanya dengan bantuan smartphone mereka. Selain itu pembelajaran pada bidang yang membutuhkan pengalaman ataupun imajinasi lebih pada materi yang dipelajari mempunyai kesulitan tersendiri seperti bagaimana cara kerjanya.
Aplikasi Berbasis Virtual Reality untuk Mendukung Proses Pembelajaran Organ Pencernaan Manusia merupakan salah satu laternatif media untuk mmembantu dalam pembelajaran. Pengembangan aplikasi ini menggunakan software Unity3D. Aplikasi ini memanfaatkan sesnor accelerometer dan gyroscope. Perancangan aplikasi menggunakan Storyboard.
Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan usability testing dengan responden yang diambil berdasarkan teknik purposive samping serta menggunakan kuesioner. Hasil yang diperoleh berdasarkan usability testing dapat disimpulkan bahwa aplikasi mudah untuk digunakan, kemudian aplikasi membantu siswa untuk belajar organ pencernaan dengan cara yang menarik, dan mempermudah memahami cara kerja organ.
Collections
- Informatics Engineering [2148]