IMPLEMENTASI METODE USER CENTRED DESIGN PADA PENGEMBANGAN GIM MATEMATIKA BERBASIS DESKTOP BAGI SISWA SD NEGERI 1 CANDIWULAN
Abstract
Belajar adalah suatu kegiatan atau proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh sesuatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Manusia melakukan pembelajaran dengan menggunakan berbagai cara, namun tujuannya sama yaitu memahami apa yang dipelajari.
Alat bantu pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting. Sebab alat bantu pembelajaran membantu proses pembelajaran terutama yang berkaitan dengan indera pendengaran dan penglihatan. Adanya alat bantu pembelajaran bahkan dapat mempercepat proses pembelajaran siswa karena dengan adanya alat bantu ajar dapat meningkatkan ketertarikan siswa untuk memperhatikan materi pembelajaran.
Penelitian ini adalah merancang gim edukasi aritmatika model collaborative learning berbasis desktop pada siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode User Centred Design (UCD). Dalam UCD, pengguna selaku pihak yang paling banyak melakukan interaksi dengan sistem akan menjadi faktor utama dalam penilaian gim edukasi ini.
dalam penelitian ini, penulis menggunakan kuisioner dan menggunakan skala likert untuk perhitungan dan mengetahui hasil dari perancangan gim. Terdapat 2 kuisioner, yaitu kuisioner untuk semua pemain dan kuisioner untuk pemain yang kalah. Dari hasil perhitungan kuisioner dengan skala likert dapat disimpulkan bahwa para siswa sangat setuju dengan perancangan gim edukasi ini para siswa termotivasi dan senang untuk belajar.
Collections
- Informatics Engineering [2148]