PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DIPADU DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI.MIPA SMA NEGERI 1 MUNTILAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang “Penerapan Metode Demonstrasi dipadu Dengan Metode Eksperimen Terhadap Prestasi Belajar dan Minat Belajar Siswa Kelas XI.MIPA SMA Negeri 1 Muntilan Pada Materi Hidrolisis Garam Tahun Ajaran 2017/2018”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adanya perbedaan antara penerapan metode Demonstrasi dipadu dengan metode Eksperimen terhadap prestasi siswa ranah pengetahuan; 2) Adanya perbedaan antara penerapan metode Demonstrasi dipadu dengan metode Eksperimen terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk pestasi belajar ranah pengetahuan dengan bentuk soal tes obyektif (pilihan ganda), dan teknik non tes digunakan untuk minat belajar dalam bentuk angket tertutup.Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan metode Demonstrasi dipadu dengan metode Eksperimen dengan metode konvensional pada prestasi belajar ranah pengetahuan, dengan nilai signifikansi 0,651 (>0,05, Ho diterima); 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan metode Demonstrasi dipadu dengan metode Eksperimen dengan metode konvensional pada minat belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05, Ho ditolak).
Collections
- Chemistry [542]