PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA IPA SMA NEGERI 2 SLEMAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Treffinger
terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan, ranah sikap dan kemampuan berfikir
kreatif siswa. Penelitian ini, kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran
Treffinger, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Sleman
tahun pelajaran 2017/2018, sejumlah 4 (empat) kelas. Sampel diambil dengan
teknik purposive sampling yaitu 2 (dua) kelas. Pengumpulan data menggunakan
teknik tes untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan dan kemampuan berfikir
kreatif, teknik non tes untuk data prestasi belajar ranah sikap. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada
model pembelajaran Treffinger dengan model pembelajaran konvensional
terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan pada materi Hidrolisis Garam. (2)
Terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Treffinger dengan model
pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ranah sikap pada materi
Hidrolisis Garam. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada model
pembelajaran Treffinger dengan model pembelajaran konvensional terhadap
kemampuan berfikir kreatif pada materi Hidrolisis Garam.
Collections
- Chemistry [535]