PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran menggunakan model Practice Rehearsal Pairs terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada materi larutan penyangga. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas yaitu terdiri dari kelas XI IPA A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari: (1) instrumen soal pilihan ganda untuk ranah pengetahuan; (2) instrumen angket untuk ranah sikap dan lembar observasi untuk ranah keterampilan. Teknik analisis data menggunakan statistik uji Non Parametric T-test Mann-Whittney untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan dan ranah keterampilan, sedangkan ranah sikap menggunakan uji Parametric Independent Samples T-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model Practice Rehearsal Pairs terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan dengan nilai signifikansi sebesar 0,291. (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model Practice Rehearsal Pairs terhadap prestasi belajar siswa ranah sikap dengan nilai signifikansi sebesar 0,270. (3) Ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model Practice Rehearsal Pairs terhadap prestasi belajar siswa ranah keterampilan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Collections
- Chemistry [535]