Show simple item record

dc.contributor.authorAliza Rachmawati1, Mira
dc.contributor.authorWidiasmara, Nur
dc.contributor.authorMuh. Nu’man, Thobagus
dc.date.accessioned2018-11-06T06:11:35Z
dc.date.available2018-11-06T06:11:35Z
dc.date.issued2017-11-22
dc.identifier.uri978-602-450-211-9
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11526
dc.description.abstractPengembangan alat ukur mengenai kompetensi bagi guru di sekolah inklusi masih sangat terbatas dan sejauh ini belum ditemukan penelitian mengenai hal ini di Indonesia. Sementara alat ukur tersebut sangat dibutuhkan bagi guru sebagai bahan evaluasi kompetensi untuk penyelenggaraan proses pembelajaran di sekolah inklusi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat ukur kompetensi guru dalam penyelenggaraan pembelajaran di sekolah inklusi. Penyusunan alat ukur ini mengacu pada teori yang diungkapkan oleh Tomlinson (2000) yang meliputi kesiapan (readiness), minat (interest), dan profil belajar (learning profile). Dimensi- dimensi tersebut digunakan untuk menyusun alat ukur mengenai kompetensi guru dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar di sekolah inklusi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru sekolah inklusi di kota Jogjakarta yaitu SD Negeri Bangunrejo 2, SD Negeri Karanganyar, dan SD Taman Muda Ibu Pawiyatan. Sedangkan analisis yang digunakan adalah pemodelan Rasch atau model 1 parameter logistik (1 PL) dalam respon butir. Hasil analisis menunjukkan bahwa alat ukur kompetensi guru dalam penyelenggaraan differentiated instruction memiliki tingkat koefisien reliabilitas yang baik, indeks kesukaran aitem yang merata, aitem-aitem yang digunakan memiliki ketepatan yang memadai serta unidimensionalitas instrumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat ukur tersebut dapat digunakan untuk mengukur kompetensi guru dalam penyelenggaraan pembelajaran melalui differentiated instruction.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectkompetensi guru, differentiated instruction, sekolah inklusi, seminar, nasional, diseminasien_US
dc.titlePENGEMBANGAN ALAT UKUR KOMPETENSI GURU DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN MELALUI DIFFERENTIATED INSTRUCTION DI SEKOLAH INKLUSIen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record