Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Anton Priyo Nugroho, SE., MM
dc.contributor.authorNurhidayatuloh, 16913025
dc.date.accessioned2018-11-05T02:44:07Z
dc.date.available2018-11-05T02:44:07Z
dc.date.issued2018-10-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11494
dc.description.abstractUsaha ritel di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat pada beberapa tahun terahir. Pertumbuhan ritel yang semakin meningkat tajam serta sulitnya melakukan diferensiasi dan hambatan masuk (entry barrier) menjadikan ketatnya persaingan bisnis ritel di Indonesia. Menarik untuk dicermati ahir- ahir ini muncul gagasan ritel syariah ditandai dengan bedirinya beberapa gerai yang mengatasnamakan ritel syariah atau berciri Islami, dengan segmen pasar utamanya masyarakat muslim.. Aktivitas perdagangan yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan di dalam Al Qur‟an agar bernilai ibadah. Dengan demikian, diperoleh keuntungan material dan berusaha untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Penerapan nilai-nilai syariah dalam ritel modern dimungkinkan sudah terjadi sebelum munculnya gagasan-gagasan ritel syariah meskipun secara eksplisit tidak memunculkan slogan Islam namun secara implisit muatan nilai-nilai syariahnya sudah diterapkan dalam proses bisnis. Sebagai contoh konsep koperasi yang merupakan bentuk khas ekonomi syariah dalam konteks ke-Indonesia-an. Penerapan nilai-nilai implisit syariah sebagai sebuah proses membumikan nilai-nilai syariah dalam bisnis ritel modern sebagai bentuk implementasi Islam rahmatal li al ‘alamin. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan mengetahui bagaimana strategi pemasaran ritel modern dipandang dari persepektif ekonomi syariah. Penelitian ini dilakukan pada minimarket alfamart cabang Klaten. Dalam penelitian ini menggunakan teori strategi pemasaran 9 elemen Hermawan Kartajaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data dari hasil wawancara dengan manajmen alfamart, observasi langsung dipalangan. Hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa penerapan nilai-nilai syariah pada ritel modern yang secara eksplisit tidak memunculkan slogan syariah namun secara implisit menerapkan nilai–nilai syariah didalamnya bisa dilakukan. Penerapan nilai-nilai implisit syariah sebagai sebuah proses membumikan nilai-nilai syariah dalam bisnis ritel modern sebagai bentuk implementasi Islam rahmatal li al ‘alamin..en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectritelen_US
dc.subjectstrategi pemasaranen_US
dc.subjectpersepektif syariahen_US
dc.subjectstrategi 9 elemenen_US
dc.titleSTRATEGI PEMASARAN BISNIS RITEL MODERN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAHen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record