dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Tempel tahun ajaran 2016 /2017.
Populasi yaitu semua siswa di SMP Negeri 1 Tempel dengan sampel kelas 9A sampai dengan kelas 9F yang terdiri dari 163 orang siswa yang beragama Islam. Dalam pengumpulan data digunakan metode angket/kuesioner, observasi, dokumentasi, dan dilengkapi dengan tes.
Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis korelasi dan regresi dengan taraf signifikansi 5 %. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1 Pengaruh antara pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam adalah positif dan signifikan karena p = 0,019 < 0.050.
2 Pengaruh antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam adalah signifikan positif karena p = 0,025< 0.050.
3 Pengaruh pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam adalah positif dan signifikan karena Fhitung = 9,040 dengan p =
0.000 < 0.050. Variabel Pembelajaran Berbasis Komputer dan Motivasi mampu menjelaskan variabel Prestasi Belajar sebesar 10.5% berdasarkan koefisien determinasi (R.2) = 0.105 | en_US |