Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. A.F. Djunaidi, M.Ag
dc.contributor.authorAnisa Veni Yuniasari, 14422097
dc.date.accessioned2018-10-23T07:31:57Z
dc.date.available2018-10-23T07:31:57Z
dc.date.issued2018-10-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11326
dc.description.abstractPendidikan pada dasarnya ialah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia (SDM) bagi peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar yang dibutuhkan. Tanpa adanya pendidikan yang diterapkan atau diberikan maka dapat menghasilkan manusia-manusia yang kurang berkualitas dan tidak mempunyai moral. Terkait hal tersebut maka lembaga pendidikan memiliki peran dan andil cukup besar terhadap pembinaan moral, sikap dan tingkah laku peserta didik. Oleh karena itu guru dalam hal ini sebagai pendidik perlu mempunyai strategi atau cara pembelajaran yang lebih berperan dalam membina akhlak siswa serta memberikan pemahaman lebih mendalam terkait dengan pembelajaran akidah akhlak yang diberikan pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran akidah akhlak manakah yang paling berperan dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sleman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yakni kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak, guru bimbingan dan konseling (BK), dan siswa. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball yang berjumlah 6 orang informan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Strategi pembelajaran akidah akhlak yang paling mempunyai peran dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sleman ada dua yakni pertama, strategi pembelajaran dengan teladan atau kontekstual yaitu proses pembelajaran yang berlangsung secara alamiah pada siswa, dimana guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong antara pengetahuan yang dimilikinya untuk diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kedua, strategi diskusi atau disebut juga dengan strategi pembelajaran inkuiri yang dalam proses pembelajarannya menekankan pada cara berpikir siswa secara kritis dan analisis. Artinya siswa dituntut untuk dapat mencari dan menemukan sendiri solusi ataupun jawaban dari suatu permasalahan yang dihadapi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Akidah Akhlaken_US
dc.subjectPembinaan Akhlaken_US
dc.titlePERAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SLEMANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record