Show simple item record

dc.contributor.advisorTulasmi S.EI., M.EI
dc.contributor.authorDina Amalia, 14423204
dc.date.accessioned2018-10-17T12:32:19Z
dc.date.available2018-10-17T12:32:19Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11253
dc.description.abstractBSM membuka kantor di Sendawar dan menjadi bank syariah satu-satunya yang ada di Sendawar sejak tahun 2011 hingga saat ini. Penelitian ini dilakukan di BSM KCP Sendawar karena ingin menganalisis bagaimana mekanisme operasional marketing funding yang dilakukan di BSM KCP Sendawar yang terletak jauh dari kantor BSM pusat di Jakarta, dan dengan kondisi sosial masyarakat di sana yang banyak penduduk muslim dan penduduk non muslim bisa dibilang nyaris sama, tapi tetap mendapat respon yang baik dari masyarakat, dan menjadi bank syariah satu-satunya yang membuka cabang di Kutai Barat, selain itu juga ingin menganalisis apakah BSM KCP Sendawar sesuai dengan prinsip-prinsip marketing syariah atau tidak, karena pada penelitian sebelumnya ada penelitian sebelumnya ada yang mengatakan bahwa perbankan syariah telah gagal memberi kepuasan kepada umat islam yang menganggap perbankan syariah hanya melakukan “syariasisasi produk konvensional”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mekanisme opersional marketing funding pada BSM KCP Sendawar untuk mendapat DPK dan mengidentifikasi kesesuaian marketing funding BSM KCP Sendawar engan marketing syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini BSM KCP Sendawar melakukan segmentation pasar yang di kelompokan berdasarkan harta kekayaan nasabah, jenis pekerjaan nasabah, dan institusi atau perorangan. BSM KCP Sendawar mengambil semua segmen pasar untuk dijadikan target pasar mereka, kemudian memposisikan produknya dengan menjual nilai syariahnya terlebih dahulu karena BSM merupakan bank syariah satu-satunya yang ada di Sendawar. BSM KCP Sendawar melakukan bauran marketing mix yang terdiri dari 3 product yaitu tabungan, deposito, dan giro. Pricing dengan bagi hasil yang menarik minat nasabah untuk menginvestasikan dananya di BSM. Proses Pomotion yang dilakukan dengan membagi brosur dan memasang spanduk di titik tertentu. Place yang dilakukan dengan melekan satu kantor cabang dengan tiga ATM yang tersebar di Sendawar. BSM tetap berpegang teguh dengan syariah islam, meskipun mereka adalah bank syariah satu-satunya yang ada di Sendawar mereka tetap memiliki 4 karakteristik marketing syariah sebagai berikut: teistis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyah), realistis (al-waqi’iyyah), dan humanistis (insaniyyah).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmarketingen_US
dc.subjectfundingen_US
dc.subjectDPKen_US
dc.subjectmarketing syariahen_US
dc.titleMEKANISME MARKETING FUNDING DAN KESESUAIANNYA DENGAN PRINSIP-PRINSIP MARKETING SYARIAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP SENDAWARen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record