dc.contributor.advisor | Drs. H. Muzhoffar Akhwan, MA | |
dc.contributor.author | Arini Intan Maulidiah, 14422105 | |
dc.date.accessioned | 2018-10-17T12:20:49Z | |
dc.date.available | 2018-10-17T12:20:49Z | |
dc.date.issued | 2018-10-05 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11250 | |
dc.description.abstract | Problematika dalam program ta’līm pada mahasiswi diantaranya, pertama malas untuk belajar ta’līm, jarang menghadiri dan mengikuti ta’līm. Hal ini mengakibatkan mahasiswi kurang produktif dalam program ta’līm. Kedua hasil evaluasi di setiap semester, mahasiswi belum mampu menghafalkan ayat atau surat yang telah ditentukan dengan maksimal. Ketiga pertemuan ta’līm yang singkat, hanya satu minggu sekali menjadi faktor utama mahasiswi lupa dalam hafalan. Agar mahasiswi dapat menghafal Al-Qur‟an secara tertarget, maka solusi yang dapat diberikan untuk mahasiswi yaitu menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode tikrār.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model PTK Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswi ta’līm kelompok B 11 Program Studi Ekonomi Islam Angkatan 2016 yang berjumlah 12 orang. Penentuan informan atau subjek pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa pada hasil siklus I menghafal menggunakan metode tikrār atau pengulangan bacaan belum optimal, dikarenakan penyesuaian metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghafal Al-Qur‟an sehingga perlu adanya perbaikan. Adapun hasil dari siklus II ini sudah menunjukkan sedikit demi sedikit perubahan. Hal ini bisa dilihat dari beberapa indikator yang sudah tercapai seperti rajin menghadiri kegiatan ta’līm, jumlah hafalan yang semakin meningkat dan hasil ujian yang sesuai dengan target pencapaian. Dari tahapan kedua siklus diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat proses pembelajaran yang mengalami perubahan secara efektiv dalam menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode tikrār. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Metode tikrār | en_US |
dc.subject | Menghafal Al-Qur‟an | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS METODE TIKRĀR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 PADA MAHASISWI TA’LĪM PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |