Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. AF. Djunaidi, M. Ag.
dc.contributor.authorNisa Fadlilah, 14422104
dc.date.accessioned2018-10-17T04:26:30Z
dc.date.available2018-10-17T04:26:30Z
dc.date.issued2018-10-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11232
dc.description.abstractAqidah Akhlak merupakan pendidikan yang sangat perlu untuk para siswa agar dapat mencerminkan dan menanamkan akhlak yang mulia di dalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya. Terlebih lagi di madrasah Alyah pelajaran aqidah akhlak merupakan pelajaran yang penting dan harus ada. Faktor pendukung terpenting penunjang kesuksesan belajar siwa ialah adanya lingkungan belajar yang baik. Semakin baik lingkungan belajar yang dimilki serta dirasakan siswa, semakin bertambah banyak prestasi belajar yang siswa dapatkan. Lingkungan belajar siswa bukan hanya sekedar di dalam area sekolah saja tetapi juga lingkungan rumah juga masyarakat ikut berandil penting dalam mensukseskan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dilakukan di sekolah MAN III Sleman Yogyakarta, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X yang di ambil secara acak sebanyak 50 siswa/i. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat mengunakan uji normalitas, linieritas, dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian diatas menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar mempunyai pengaruh sebesar 21% yang telah dibuktikan dengan (R2= 0,458 dan p = 0,001 < 0,005), sedangkan sisanya 79% adalah faktor lain yang mempengaruhi Lingkungan Belajar. Dengan demikian Ha, “terdapat pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X MAN III Sleman Yogyakarta” di terima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dan berkorelasi positif, artinya kedua variabel X dan Y berhubungan dan berpengaruh secara signifikansi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectLingkungan Belajaren_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectAqidah Akhlaken_US
dc.titlePENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS X DI SEKOLAH MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record