Show simple item record

dc.contributor.advisorMoh. Mizan Habibi, S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorNurbaeti Isfandiari Hasan, 14422119
dc.date.accessioned2018-10-13T05:18:00Z
dc.date.available2018-10-13T05:18:00Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11183
dc.description.abstractKeluarga sebagai lingkungan pendidikan yang pertama sangat berpengaruh dalam membentuk pola kepribadian anak. Di dalam keluarga anak pertama kali berkenalan dengan nilai dan norma. Pendidikan keluarga memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar, agama dan kepercayaan, nilai moral, norma sosial dan pandangan hidup yang diperlukan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan keluarga terhadap motivasi belajar membaca AL-Qur’an siswa kelas VIII MTs N 10 Sleman Yogyakarta. Seberapa besar pengaruh pendidikan di keluarga terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs N 10 Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian Siswa kelas VIII MTs N 10 Sleman Yogyakarta. teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling dan proportional sampling, dengan sampelnya adalah kelas VIII A-VIII D dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang dan untuk jumlah populasinya sendiri ada 127 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan angket. Dimana angket sebagai teknik pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Observasi digunakan untuk menggali data-data yang dengan mudah diamati secara langsung mengenai hal berkaitan dengan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa MTs N 10 Sleman Yogyakarta sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data tentang pengaruh pendidikan keluarga terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs N 10 Sleman Yogyakarta. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sendiri yaitu telah ditemukan pengaruh pendidikan keluarga terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur’an sebesar 58,3% dan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang terdiri dari faktor Internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek fisiologis (Kondisi umum jasmani) dan aspek psikologis yang terdiri dari, tingkat kecerdasan atau intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, dan minat siswa. Kemudian untuk faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan dan faktor instrumental. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Kemudian dalam pengujian regresi diperoleh R square sebesar 0,583 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan keluarga terhadap motivasi belajar membaca AL-Qur’an, yaitu sebesar 58,3%en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan dikeluargaen_US
dc.subjectmotivasi belajar membaca Al-Qur’anen_US
dc.titlePENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 10 SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record