PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN PENJUALAN LACOCO BERBASIS WEBSITE
Abstract
PT AVO Innovation Technology (AVO) merupakan perusahaan yang berkembang di bidang kosmetik di daerah Sleman, DI Yogyakarta. Berbagai macam produk kosmetik telah diproduksi oleh AVO, seperti: facial wash and soap, hydrating essence, facial cream, lotion, dan lain-lain. Peluncuran produk baru yakni Lacoco, memiliki tantangan dalam proses pemasarannya. Meskipun Lacoco belum resmi diluncurkan, produk ini telah memiliki 1.000 calon distributor. Kondisi yang demikian menyebabkan diperlukannya sebuah sistem yang mampu memberikan dukungan dalam hal komunikasi, manajemen, maupun transaksi penjualan bagi customer, distributor, dan admin Lacoco.
Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan Metode Waterfall yang terdiri atas tahapan: requirement analysis and definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing, dan operation and maintenance.
Hasil penelitian yang dilakukan yaitu berupa purwarupa sistem yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan promosi dan penjualan produk Lacoco bagi PT AVO Innovation Technology. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang telah dikembangkan memiliki persentase penerimaan pengguna (user acceptance) sebesar 79,55% bagi customer, 82% bagi distributor, dan 90% bagi admin. Pada pengujian yang dilakukan terhadap server pada website Lacoco dengan jumlah koneksi 100 dan 5000 permintaan, server mampu menangani permintaan 75,39 request perdetik dengan tingkat kesuksesan mencapai 99,12%.
Collections
- Informatics Engineering [2148]