APLIKASI MATEMATIKA PENCARIAN KPK DAN FPB BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY
Abstract
Matematika masih menjadi momok menakutkan bagi para pelajar di Indonesia, banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya tercipta pemikiran awal bahwa matematika itu sulit karena berhubungan dengan rumus dan angka. Faktor lain adalah guru yang tak segan menghukum siswa apabila tidak memahami materi yang diajarkan yang membuat pemahaman siswa terhadap matematika menjadi lemah dan malas mencoba.
Untuk membantu para pelajar, banyak terdapat aplikasi di pasar digital yang dapat digunakan pelajar dalam membantu penyerapan materi dari sekolah, namun karena melihat dari aplikasi-aplikasi tersebut belum ada yang mengajarkan secara spesifik tentang suatu rumus dalam matematika, maka untuk menambah variasi yang dapat dimanfatkan oleh pelajar untuk belajar adalah membuat sebuah aplikasi tentang salah satu rumus matematika yang diajarkan di sekolah dasar yaitu tentang pencarian KPK dan FPB dengan menggunakan fitur augmented reality.
Solusi atas uraian isu dan masalah dalam kurangnya minat pelajar terhadap matematika, khususnya KPK dan FPB maka penulis mengusulkan pembuatan aplikasi guna membantu para pelajar dalam meningkatkan kecintaan terhadap matematika. Dalam pengerjaannya, pembuatan aplikasi ini memiliki beberapa tahapan berupa pengumpulan data, perancangan aplikasi, pembuatan aplikasi hingga pengujian terhadap penggunaan fitur augmented reality. Hasil penelitian yang didapatkan dalam pembuatan Aplikasi Matematika Pencarian KPK dan FPB Berbasis Android Dengan Menggunakan Augmented Reality adalah sebuah prototype aplikasi smartphone berbasis android.
Collections
- Informatics Engineering [2148]