PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN DASAR-DASAR DISIPLIN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI JETIS KARANGMOJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Peran orang tua dalam mengembangkan dasar-dasar disiplin belajar pada siswa Sekolah Dasar Negeri Jetis Karangmojo Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016. 2) Dasar-dasar disiplin belajar yang dilakukan siswa Sekolah Dasar Negeri Jetis Karangmojo Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016.
Responden penelitian ini di fokuskan kepada siswa Sekolah Dasar Negeri Jetis Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase atau statistik sederhana dengan mengambil kesimpulan menggunakan persentase.
Hasil yang diperoleh adalah 1) Orangtua menjadi tauladan dan penanaman kesadaran akan pentingnya disiplin dalam belajar untuk mencari ilmu pengetahuan bagi keberhasilan hidup manusia. Sebagian orang tua siswa telah menerapkan bimbingan kepada putra-putrinya agar dapat meningkat hasil belajarnya, terbukti tentang jawaban orang tua yang selalu menyuruh anaknya agar belajar mencapai 76 %. Orang tua memaksa anak belajar 24 %, mengawasi saat belajar 63 %, senang belajar kelompok 84 %, bertanya jika ada kesulitan 69 %, selalu memeriksa nilai raport 100 %. Hambatan yang dialami adalah keberbedaan siswa mempengaruhi juga pada daya tangkap dan penerapan nilai-nilai keagamaan. 2) Dasar-dasar disiplin belajar yang dilakukan siswa adalah sesuai dengan indikator disiplin belajar yang dapat dilihat dalam proses belajar dan hasil belajar, dalam proses belajar indikatornya bisa di lihat melalui kehadiran di kelas, motivasi belajar, peran dalam kelas, ketepatan hadir di kelas, ketepatan penyelesaian tugas, etika dan sopan santun, kerapian berpakaian, menyimak dengan sungguh-sungguh setiap pelajaran, dan nilai ulangannya mencapai KKM.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH USIA MASUK SEKOLAH DASAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEKOLAH DAN PESANTREN SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR PONDOK AL-MUQODDASAH PONOROGO JAWA TIMUR
Abdul Hakim, 14913157 (Universitas Islam Indonesia, 2018-02-28)Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal bagi siswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Siswa hendak memiliki kesiapan diri dan juga motivasi dalam melaksanakan kegiatan di sekolah. Indonesia telah ... -
Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dasar Dengan Kelengkapan Pemberian Imunisasi Dasar Pada Bayi Usia 9-24 Bulan Di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta
Marda’in, Sholihatun (Universitas Islam Indonesia, 2017-10-16)Setiaptahunlebihdari1,4jutaanakdiduniameninggalkarenaPenyakityangdapatdicegahdenganimunisasi.WorldHealthOrganization(WHO),menyatakan1dari5anakdiduniatercatatbelummendapatkanimunisasi.Tujuan:Mengetahui hubungan pengetahuan ... -
PARLEMEN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF HISTORIS (KAJIAN TERHADAP UNDANG-UNDANG DASAR 1945, KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA SERIKAT DAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA 1945)
IBNU HAZAIRIN ROWIYAN, 11410641 (Universitas Islam Indonesia, 2018-10-16)Studi ini bertujuan untuk Untuk merekam serta mengetahui sistem dan bentuk Parlemen Indonesia merujuk pada konstitusi yang berlaku di Indonesia dari masa ke masa dengan menggunakan tinjauan historis. Untuk mengidentifikasi ...