STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NAHDHATUL ULAMA SLEMAN
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan didefinisikan sebagai kemampuan sekolah
dalam pengelolaan secara operasional dan efisien, terhadap komponen yang
berkaitan dengan sekolah sehingga menghasilkan nilai tambah terhadap
komponen tersebut menurut standar yang berlaku. Sedangkan strategi adalah
langkah-langkah yang sistematis dan sistemik dalam melaksanakan rencana secara
makro berjangka panjang untuk mencapai tujuan. Kepala sekolah adalah
pemimpin tertinggi sekolah. Oleh karena itu keberhasilan peningkatan mutu di SD
Nahdhatul Ulama Sleman sangat dipengaruhi oleh manajemen strategi yang
digunakan kepala sekolah.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan strategi, pelaksanaan
strategi dan evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan.
Jenis penelitian ini kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif dan
berasas teori fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles
dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang diperoleh adalah peningkatan mutu pendidikan di SD
NU Sleman diawali dengan komitmen kepala sekolah untuk meningkatkan mutu
pendidikan, diikuti dengan pembenahan struktur organisasi sekolah dan komite,
peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, pemenuhan sarana
prasarana, membangun jaringan, membuat program layanan prima dan sekolah
mandiri, dan memperbaiki hubungan kemasyarakatan.