Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si, Ph.D.
dc.contributor.authorMeylinda Dwi Nurfalah, 14 611 122
dc.date.accessioned2018-09-05T09:28:39Z
dc.date.available2018-09-05T09:28:39Z
dc.date.issued2018-08-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10494
dc.description.abstractPendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Melalui pendidikan dan belajar, manusia dapat menjadi lebih bermanfaat di masyarakat, namun pemerataan mutu pembelajaran di Indonesia masih dikategorikan kurang di beberapa sektor seperti rasio siswa perguru, angka lulusan dan rasio ruang kelas baik. Beberapa Provinsi sudah masuk kedalam tingkatan yang seperti pada angka mengulang dan angka putus sekolah sudah sangat kecil, namun pada rasio siswa per guru, masih sedikit provinsi yang sudah mencapai standar nasional tiap tingkat pendidikannya, karena tidak seimbangnya antara jumlah siswa dan guru. Sehingga untuk mengelompokan nilainya digunakan analisis cluster. Metode yang digunakan k-means dan fuzzy c-means, dengan dibentuk menjadi 3 cluster, diperoleh untuk k-means kategori baik terletak pada cluster 3 jumlahnya 11 anggota, cluster 1 sebanyak 17 anggota dan 6 anggota pada kelompok rendah pada cluster 2. Sedangkan pada metode fuzzy c-means adalah cluster 1 dimasukan kedalam kategori rendah dengan jumlah 12 anggota, kemudian cluster 3 dikategorikan pada baik yang terdiri dari 10 anggota dan cluster 3 dikategorikan sedang jumlahnya 12 anggota. Perbedaan pada algoritma mempengaruhi hasil penelitian menggunakan k-means dan fuzzy c-means berada perhitungannya sehingga berpengaruh kepada hasil akhir, berupa nilai cluster, maupun nilai rasio simpangan bakunya digunakan untuk menentukan cluster terbaik dengan hasil k-means lebih baik karena nilai rasionya lebih kecil dari metode fuzzy c-means.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectRasioen_US
dc.subjectK-Meansen_US
dc.subjectFuzzy C-Meansen_US
dc.titlePENGELOMPOKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN INDIKATOR MUTU PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTER K-MEANS DAN FUZZY C-MEANS (Studi Kasus: Indikator Pembelajaran Bermutu Menurut Tingkat Pendidikan di Tiap Provinsi di Indonesia Tahun Ajaran 2017/2018)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record