METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA CACAT GANDA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) G DAYA ANANDA YOGYAKARTA
Abstract
Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis terhadap
proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa cacat ganda di SLB G
Daya Ananda Yogyakarta. Karena di sekolah tersebut siswa berasal dari latar
belakang keluarga, tingkat kecerdasan, dan jenis kekhususan yang berbeda. Guru
harus benar-benar mampu memilih metode pembelajaran yang tepat agar siswa
mampu mencapai tujuan penddikan. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang berlatar belakang di SLB G
Daya Ananda. Pertanyaan penelitian adalah bagaimana metode pembelajaran dan
bagaimana hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu teknik Observasi,
Wawancara dan Dokumentasi. Setelah semua data dengan teknik analisis
kualitatif dan dengan model Miles da Hubernman, melalui langkah-langkah
sebagai berikut: Pengumpulan Data, Penyajian Data, Reduksi Data Dan
Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang
digunakan guru dari jenjang SDLB, SMPLB, dan SMALB adalah metode
Storytelling (bercerita) digunakan guru untuk memberikan pengetahuan, tanya
jawab digunakan guru untuk melatih rasa percaya diri, dan revititive (mengulang)
digunakan guru untuk mencantolkan pengetahuan yang sudah dipelajari agar
tidak lupa. Metode pembelajaran yang digunakan guru memberikan pengaruh
yang cukup baik terhadap hasil belajar baik secara akademik maupun non
akadmik. Selain hasil secara akademik dan non akademik siswa yang mengalami
perkembangan, perubahan sikap dan perilaku siswa terlihat jelas sebagai hasil
dari pendidikan agama Islam baik yang dilakukan di sekolah maupun di rumah.