Psikoedukasi Pendidikan Seksual Untuk Meningkatkan Pengetahuan Orangtua Anak Gangguan Spektrum Autis
Abstract
Keterbatasan informasi mengenai pendidikan seksual pada orangtua yang memiliki anak gangguan spektrum autis membuat orangtua mengalami kebingungan tentang apa, kapan dan bagaimana memberikan pendidikan seksual yang tepat untuk anak gangguan spektrum autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana intervensi psikoedukasi pendidikan seksual dapat meningkatkan pengetahuan orangtua anak gangguan spektrum autis. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen one group pretest-posttest design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah enam orangtua yang memiliki anak gangguan spektrum autis berusia 5-12 tahun yang bersekolah di sekolah inklusi di kota Yogyakarta. Tes pengetahuan ini diadaptasi dari tes pengetahuan KARSA oleh Kusumandari (2016). Uji hipotesis menggunakan analisis Friedman test yang menunjukkan hasil bahwa intervensi psikoedukasi pendidian seksual dapat meningkatkan pengetahuan orangtua anak gangguan spektrum autis dengan Chi Square = 10.800 dan Asymp. Sig 0,005 (p<0.05)
Collections
- Master of Psychology [341]