PERENCANAAN REAKTIVASI JALAN REL KERETA API RUTE YOGYAKARTA – PARANGTRITIS (REACTIVATION PLANNING OF ROAD RAIL TRAIN ROUTE YOGYAKARTA - PARANGTRITIS)
Abstract
Sesuai dengan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional tahun 2011 dijelaskan bahwa
pengembangan jaringan dan pelayanan transportasi kereta api perkotaan di daerah Yogyakarta dan
sekitarnya akan dilakukan pada periode waktu 2017 sampai dengan 2020. Maka dari itu perlu
adanya penelitian lebih lanjut tentang pembangunan reaktivasi jalur kereta api rute Yogyakarta –
Parangtritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisting jalan rel rute
Yogyakarta – Palbapang (Bantul), merencanakan alternatif trase, merencanakan geometri jalan rel
pada trase terpilih dan perencanaan struktur jalan rel.
Perencanaan dilakukan menggunakan data primer yang didapat dari survei langsung
sepanjang jalur eksisting dan data sekunder penggunaan lahan D.I.Y. Analisis dilakukan
berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan No. 60 tahun 2012 dan Peraturan Dinas No. 10 tahun
1986 serta pengolahan data menggunakan aplikasi ArcGis dan Autocad Civil 3D. Perencanaan
geometri dan struktur jalan rel dilakukan pada trase terpilih yang dipilih berdasarkan
pemeringkatan usulan trase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi jalur eksisting yang sudah beralih
fungsi/tertutup tanah sebesar 75,22%, rusak 24,78% dan baik 5,79%. Panjang trase rel rencana
25,24 km dengan perencanaan geometri menggunakan radius 1700 m dengan tipe lengkung full
circle untuk tikungan pertama dan menggunakan radius 550 m dengan tipe lengkung Spiral-
Circle-Spiral untuk tikungan kedua dan ketiga, radius yang digunakan alinyemen vertikal 10000
m. Struktur jalan rel menggunakan tipe rel R54, panjang bantalan 2 m, tebal balas 30 cm dan
subbalas 40 cm.
Collections
- Civil Engineering [4258]