Show simple item record

dc.contributor.advisorIzzati Muhimmah S.T., M.Sc., Ph.D,
dc.contributor.authorThomy Afif, 13523108
dc.date.accessioned2018-08-30T10:36:57Z
dc.date.available2018-08-30T10:36:57Z
dc.date.issued2018-08-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10220
dc.description.abstractDalam jasa perancangan arsitektur, khususnya interior terdapat proses yang memerlukan waktu yang panjang, mulai dari perancangan, perhitungan anggaran, dan pemodelan 3 dimensi sebagai visualisasi yang akan dipresentasikan kepada konsumen. Dalam pelaksanaannya sering ditemukan kesalahan dalam proses perancangan hingga keinginan konsumen yang berubah karena hasil visualisasi yang kurang dinamis. Hal ini berdampak pada waktu pengerjaan dan biaya pembangunan interior pada perusahaan Beltran Property Land. Dibutuhkan suatu aplikasi mobile yang dapat memvisualisasikan perancangan interior secara dinamis dan interaktif. Sehingga setiap perubahan yang terjadi secara langsung dapat dimengerti oleh setiap pihak yang terlibat. Aplikasi ini bekerja dengan cara mensimulasikan keadaan interior bangunan secara nyata dengan teknologi virtual reality yang interaktif. Dalam membangun aplikasi ini, digunakan beberapa metode berupa studi pustaka, analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, implementasi pengembangan aplikasi, dan pengujian aplikasi. Proses implementasi pengembangan aplikasi dilakukan dengan cara membuat suatu kondisi ruangan virtual sesuai dengan perancangan interior. Setelah itu pengguna masuk ke bangunan virtual tersebut dan dapat berinteraksi secara langsung dengan obyek-obyek interior. Aplikasi yang dikembangkan adalah aplikasi mobile berbasis android. Aplikasi yang telah dikembangkan akan diuji dengan menggunakan metode usability testing, dimana indikator penilaiannya berupa learnability, efficiency, dan satisfaction. Pada tahap pengujian, proses pengumpulan data diambil dengan menggunakan rumus slovin dengan tujuan mendapatkan angka relevan untuk penentuan sampel pengujian. Hasil yang ditemukan pada tahap pengujian adalah aplikasi dapat digunakan dengan relatif baik terhadap 20 responden yang telah menguji aplikasi dengan tingkat akurasi sebesar 90%. Rata-rata nilai yang didapatkan dari setiap indikator pengujian usability adalah sebesar 84% untuk indikator learnability, 84% untuk indikator efficiency, dan 84,6% untuk indikator satisfaction.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectVirtual Realityen_US
dc.subjectInterioren_US
dc.subjectArsitekturen_US
dc.titleRANCANG BANGUN APLIKASI BERGERAK BERBASIS VIRTUAL REALITY INTERAKTIF UNTUK JASA RANCANGAN DALAM RUANGAN (Studi Kasus: Beltran Property Land)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record