PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MTS PANDANARAN (PUTRI) , NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh reward and punishment terhadap minat belajar siswa Mts Pandanaran Putri, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.
Subjek Penelitian (responden) adalah seluruh siswa MTs Pandanaran Putri, Ngaglik, Sleman. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling diperoleh sampel sebanyak 75 siswa dari populasi 738 siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23 for windows.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa reward and punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 3,212, koefisien regresi (b) sebesar 0,291, nilai signifikansi (p) sebesar 0,002 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,124 atau 12,4% yang dapat diartikan bahwa 12,4% minat belajar dipengaruhi oleh reward and punishment, sedangkan sisanya sebesar 87,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Collections
- Islamic Education [862]