Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Muzhoffar Akhwan, MA
dc.contributor.authorSakinatush Shodiqoh, 14422057
dc.date.accessioned2018-08-28T13:17:52Z
dc.date.available2018-08-28T13:17:52Z
dc.date.issued2018-08-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10041
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mata pelajaran fikih di MTs Negeri 4 Sleman yang yang materinya menjelaskan tentang Shalat dan pembelajaran shalat di MTs ini lebih banyak di banding madrasah alinnya. Untuk itu penulis ingin mengetahui nilai siswa tentang shalat secara teori kemudian penulis akan menguji pengetahuan yang diperoleh tersebut yang sudah didapat berupa nilai hasil belajar dengan kemampuan siswa dalam mempraktikkan gerakan dan bacaan shalat dengan benar. Siswa yang memperoleh nilai hasil belajarnya rendah belum tentu nilai praktik shalatnya juga rendah, begitu sebaliknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari hasil belajar fikih terhadap praktik shalat siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini di MTs Negeri 4 Sleman, Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 213. Dalam penelitian ini menggunakan Stratified Proportional Random Sampling sebanyak 131 siswa. Analisis data ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS versi 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh antara hasil belajar fikih terhadap praktik shalat siswa di MTs Negeri 4 Sleman yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel. Dengan Ftabel df=N-2 df=131-2=129 pada taraf signifikansi 5% adalah 3,91. Maka Fhitung > Ftabel yaitu 43,972>3,91 pada taraf signifikansi 0,000. (2) Besarnya pengaruh hasil belajar fikih terhadap praktik shalat siswa di MTs Negeri 4 Sleman sebesar 25,4% yang dibuktikan R square 0,254 dan sisanya sebesar 74,6% merupakan faktor lain yang asumsinya adalah faktor dari dalam (internal) yang meliputi faktor fisiologis dan psikologis serta faktor dari luar (eksternal) yang meliputi faktor teman, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan spiritual.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengaruh Hasil Belajaren_US
dc.subjectFikihen_US
dc.subjectPraktik Shalaten_US
dc.titlePENGARUH HASIL BELAJAR FIKIH TERHADAP PRAKTIK SHALAT SISWA DI MTs NEGERI 4 SLEMANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record