Evaluasi Properti Psikometri (Validitas Dan Reliabilitas) Interdisciplinary Education Perception Scale (Ieps) Dalam Versi Bahasa Indonesia
Abstract
Latar Belakang : Persepsi dari mahasiswa calon tenaga kesehatan menjadi salah
satu tolak ukur dalam pengembangan Interprofessional Education (IPE).
Penggunaan kuesioner persepsi IPE seperti Interdisciplinary Education Perception
Scale (IEPS) telah banyak dilakukan di beberapa negara. Sementara di Indonesia,
setelah diterjemahkan, kuesioner tersebut langsung digunakan tanpa validasi
psikometrik sebelumnya.
Tujuan : Mengevaluasi kualitas properti psikometri IEPS berbahasa Indonesia
terkait validitas struktur/dimensional skala dan terkait reliabilitas skala.
Metode : IEPS yang terdiri dari 18 item diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia
oleh team ahli untuk memastikan item-item tetap memiliki makna yang sama. IEPS
versi bahasa Indonesia melibatkan 523 responden, dibagi menjadi dua isian
kuesioner pretest dan postest.
Hasil : Exploratory Factor Analysis dan Confirmatory Factor Analysis dan rotasi
Oblique Oblimin mengkonfirmasi struktur dari 3 faktor yang menjelaskan 70,3%
variansi. IEPS versi bahasa Indonesia menghasilkan 13 item dengan cronchbach's
alpha pretest sub-skala sebesar 0.94,0.82 dan 0.85. Cronchbach's alpha postest
sub-skala sebesar 0,94, 0,71 dan 0.84, lima item yang dieliminasi pada penelitian
ini, susunan struktur faktor hampir mirip dengan versi asli bahasa Inggris yang
terdiri dari 12 item.
Kesimpulan : Kecuali kategori fit indeks RMSEA pada postest, semua kategori fit
indeks memenuhi kategori yang valid dan semua (Cronchbach's α ≥0.70) reliable,
untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan attention checking untuk
isian kuesioner.
Collections
- Pharmacy [1481]