Gim Pencarian Pecahan Bukti Sejarah Bangunan Keraton Kerajaan Mataram Islam Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android
Abstract
Pada saat ini terdapat banyak cara untuk mengenalkan sejarah, mulai dari pembelajaran di
sekolah sampai dengan menggunakan media ebook. Namun dalam hal ini pembelajaran sejarah
dengan menjadikan sebuah gim di smartphone masih kurang, oleh sebab itu salah satu upaya
untuk melakukan pembelajaran dan memberikan informasi sejarah dengan menarik,
menyenangkan dan efektif adalah dengan membuat gim augmented reality di smartphone
Android.
Gim pembelajaran sejarah Bangunan Keraton Kerajaan Mataram Islam dikembangkan
menggunakan software Unity dengan bantuan SDK Vuforia untuk dapat menjalankan
Augmented Reality, dalam gim ini terdapat cerita fiksi yang dalam cerita tersebut pengguna
diharuskan menemukan bola energi yang terdapat di titik-titik lokasi bangunan peninggalan
Keraton Kerajaan Mataram Islam. Jika pengguna sudah menemukan lokasinya maka pengguna
diharuskan scan dengan mengarahkan ke sisi bangunan/tulisan bangunan sesuai perintahnya
untuk dapat menemukan bola energi tersebut. Untuk dapat merancang gim ini diperlukan
tahapan analisis, desain, perancagan, implementasi dan evaluasi.
Setelah tahapan selesai dirancang, dilakukan pengujian terdahap lima responden
pengunjung secara acak dengan rentang umur dua puluh sampai tiga puluh tahun dan seorang
responden yang merupakan Abdi Dalem di kawasan tersebut. Sehingga mendapatkan hasil
mengenai kebergunaan dari gim ini dengan jumlah rata-rata 65,83, dalam hal ini cukup baik
dan dapat digunakan sebagai pembelajaran sejarah bangunan Keraton Kerajaan Mataram
Islam.
Collections
- Informatics Engineering [2174]