Desain Interaksi Aplikasi Manajemen Bisnis dengan Metode Lean UX
Abstract
Banyaknya kemudahan yang ditawarkan melalui penggunaan teknologi dalam membantu pekerjaan sehari-hari juga dirasakan oleh para pengusaha restoran melalui penggunaan mesin kasir dan aplikasi mesin kasir. Akan tetapi, permasalahan ditemukan pada para pengusaha yang memiliki tingkat mobilitas tinggi sehingga memiliki kendala dalam melakukan monitoring bisnisnya dikarenakan waktu yang terbatas. Selain itu, para pengusaha juga memiliki kendala dalam melakukan pengelolaan dan pemantauan keuangan, gudang, dan pegawai dikarenakan masih perlu melakukan rekapitulasi rutin. Permasalahan lain yang ditemukan adalah waktu yang digunakan untuk melakukan rekapitulasi data aktivitas restoran cukup banyak. Hal ini terjadi dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam membaca data yang banyak dan disajikan dalam format spreadsheet.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan Lean UX dan perlu melalui beberapa tahapan dalam proses pengembangan desain interaksi aplikasi. Pada pendekatan Lean UX, dilakukan pengumpulan asumsi sebagai dasar untuk menganalisis permasalahan yang dialami oleh pengguna. Asumsi permasalahan yang didapatkan selanjutnya dikelompokkan dan diprioritaskan, sehingga mampu menghasilkan rancangan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa perancangan aplikasi ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan monitoring dan controlling terhadap bisnisnya melalui aplikasi manajemen bisnis berbasis mobile yang dikembangkan menggunakan pendekatan Lean UX, sehingga mampu memperoleh hasil pengalaman pengguna yang optimal.
Collections
- Informatics Engineering [2172]