Pengelolaan Sedekah Dan Wakaf Dalam Menunjang Pendidikan Anak Asuh Asrama Yatim Dan Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta
Abstract
Pada kenyataannya, tidak semua anak-anak Indonesia bisa mengenyam dunia
pendidikan. Berasal dari keluarga kurang mampu, mengakibatkan banyak anakanak
terpaksa putus sekolah bahkan tidak sekolah sama sekali. Sehingga, Mizan
Amanah hadir untuk menyelamatkan generasi anak-anak dari keterpurukan
pendidikan,. Dengan program sedekah dan wakaf, Mizan Amanah membantu
dalam menunjang pendidikan anak yatim dan dhuafa. Sasaran penting yang akan
dicapai dalam penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana pengelolaan program
sedekah dan wakaf Mizan Amanah dalam menunjang pendidikan anak-anak
yatim dan dhuafa di Indonesia, khususnya di daerah Yogyakarta.
Pertanyaan penelitian dalam tesis ini ialah, bagaimana pengelolaan dana sedekah
dan wakaf pada Asrama Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta, dan
bagaimana program sedekah dan wakaf dalam menunjang pendidikan anak yatim
pada Asrama Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif normatif. Teknik
penentuan informan yang digunakan ialah mengacu pada teknik “purposive
sampling”. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitan ini ialah
observasi, wawancara dan dokumen. Kemudian analisis data dilakukan dengan:
Data Collection, Data Condensation, Data Display, dan Conclusion.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Mizan Amanah mengumpulkan,
mengelola, mendistribusikan dan melakukan pengawasan terhadap dana wakaf
dan sedekah sesuai dengan tujuan, fungsi, dan peruntukannya. Kedua, Dengan
adanya program sedekah dan wakaf Mizan Amanah, kebutuhan harian maupun
kebutuhan pendidikan anak-anak asuh terpenuhi, anak-anak asuh Asrama Yatim
dan Dhuafa Mizan Amanah Yogyakarta mendapatkan pendidikan yang layak
untuk masa depan mereka.