Perbedaan Kemandirian Anak Ditinjaij dari Model Sekolah dan Pola Asuh Demokratis Orangtua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaliui apakali ada perbedaan
kemandirian anak antara siswa sekolali dasar model pembelajaran satu arah dalam
sistem konvensional dengan siswa sekolah dasar model pembelajaran learning by
doing serta ingin mengetaliui hubungan antara pola asuh demokratis orangtua dan
kemandirian anak. Variabel bebasnya adalah model sekolah dan variabel
tergantungnya adalah kemandirian anak sedangkan variabel sertaanya adalah pola
asuh demokratis orangtua. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar di SDN
Gainbiranom beserta orangtuanya sebagai subjek model pembelajaran
konvensional dan SD Budi Mulia Dua beserta orangtuanya sebagai subjek model
pembelajaran learning by doing. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan
kemandirian anak antara siswa sekolali dasar model pembelajaran konvensional
dengan siswa sekolah dasar model learning bydoingdan ada hubungan pola asuh
demokratis orangtua dengan kemandinan anak.
Subjek penelitian berjumlah 240 orang. Metode analisis data dengan
menggunakan analisis uji-t dan korelasi product moment dari pearson. Hasil
analisis tidak ada perbedaan kemandirian anak antara siswa sekolah dasar model
pembelajaran konvensional dengan siswa sekolali dasar model pembelajaran
learning by doing dan juga tida ada hubungan antara pola asuh demokratis
orangtua dengan kemandirian anak.
Collections
- Psychology [2270]